Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server

Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server


Akhir-akhir ini di sosial media banyak sekali yang memperbincangkan tentang telkomsel memblokir SSH dan PPTP server. Apa itu SSH dan PPTP server ? sebagai seorang sysadmin kalain sudah tidak asing lagi dengan SSH dan PPTP server. SSH (Secure Shell) adalah sebuah port yang kita gunakan untuk meremote server yang berada di kantor kalian atau di tempat lain menggunakan jalur internet. Jadi penjelesannya gampang tentang ssh adalah kalian ingin remote server kalian yang ada di kantor tetapi kalian ketika itu berada di luar kantor, lalu cara meremotenya dengan menggunakan SSH. Lihat gambar di bawah ini

Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server

Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server



penjelasan SSH yang saya berikan di atas adalah penjelesan singkat tentang fungsi ssh yang sering saya gunakan sehari-hari. Fungsi SSH memang tidak digunakan untuk itu saja, bisa juga untuk transfer file, dll. Lalu pertanyaanya kenapa telkomsel memblokir SSH dan PPTP ?,

Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server


salah satu kelebihan jika kalian bisa melakukan SSH dan PPTP  adalah "menembus" dns filter (internet positif) lalu kalian bisa mengujungi semua situs yang terblokir oleh dns filter (internet positif).

Bagi beberapa orang yang bisa "menembus" dns filter (internet positif) merupakan suatu keuntungan karena bisa mengakses semua situs tanpa pemblokiran. Pemblokiran SSH dan PPTP yang dilakukan telkomsel berbanding terbalik dengan apa yang di rasahkan oleh beberapa sysadmin dan praktisi IT, kenapa ? karena beberapa sysadmin dan pakar IT lainya masih menggunakan SSH dan PPTP untuk keperluan pekerjaan mereka. Alasan pemblokiran SSH dan PPTP yang di lakukan telkomsel karena menurut telkomsel melakukan SSH dan PPTP merupakan perbuatan yang ilegal. Beberapa sysadmin dan praktisi IT mempertanyakan kenapa hal tersebut di anggap ilegal. Hal yang bikin saya terkejut adalah berita tersebut juga dimuat oleh fanspage the hacker news.

Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server

Solusi dan pendapat saya kepada semua orang adalah kalau memang di anggap ilegal kita tinggal merubah port SSH yang di blokir dan menganti PPTP dengan OpenVPN.
Manfaatkan kepintaran dan teknologi yang kalian miliki dengan melakukan hal - hal yang positif

Sekian dulu postingan  telkomsel memblokir SSH dan PPTP server, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang pembaca setia beritatentangit.com, jika kalian punysa pendapat lain tentang pemblokiran SSH dan PPTP oleh telkomsel silakan komentar di bawah.

Jangan lupa untuk Share, Like, Commnet, dan Subscribe

Terima Kasih

0 Response to "Telkomsel Memblokir SSH dan PPTP Server"