Tutorial Membagi Bandwidth dengan Benar dan Tepat Menggunakan Mikrotik

Saya buat postingan tutorial membagi bandwidth dengan benar dan tepat menggunakan mikrotik. Postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya, teknik pembagian bandwidth yang saya gunakan adalah referensi dari http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=29. Pembagian bandwidth yang saya gunakan adalah HTB (Hierarchical Token Bucket), penjelasan singkat tentang HTB adalah memungkinkan kita membuat queue menjadi lebih terstruktur, dengan melakukan pengelompokan-pengelompokan bertingkat. Silakan perhatikan gambar berikut ini 

Tutorial Membagi Bandwidth dengan Benar dan Tepat Menggunakan Mikrotik



penjelesan tentang gambar di atas adalah kalian berlangganan internet 5 Mbps 1:1 untuk perusahaan, lalu kalian membagi bandwidth tersebut berdasarkan kebutuhan setiap divisi di perusahaan tersebut. Untuk memastikan kebutuhan bandwidth yang tepat silakan baca postingan ini 5 Tips Memilih Internet Service Provider (ISP) Sesuai dengan Kebutuhan. Kalian harus memastikan kebutuhan bandwidth setiap divisi terpenuhi dengan benar dan tepat. Saya asumsikan pembagian bandwidth yang saya lakukan sudah sesuai dengan kebutuhan setiap divisi. Mari kita simak langsung tutorial membagi bandwidth dengan benar dan tepat menggunakan mikrotik

kita buat queues seperti di bawah ni

[admin@Mikrotik] > queue simple add name="Bandwidth 5 Mbps" max-limit=5M/5M li
mit-at=5M/5M target=192.168.1.0/24 priority=1/1  
[admin@Mikrotik] > queue simple add name="Admin" max-limit=2M/2M limit-at=1M/1M target=192.168.1.14,192.168.1.15 parent="Bandwidth 5 Mbps" priority=3/3
[admin@Mikrotik] > queue simple add name="Accounting" max-limit=2M/2M limit-at=1M/1M target=192.168.1.14,192.168.1.15 parent="Bandwidth 5 Mbps" priority=3/3
[admin@Mikrotik] > queue simple add name="Marketing" max-limit=2M/2M limit-at=1M/1M target=192.168.1.14,192.168.1.15 parent="Bandwidth 5 Mbps" priority=2/2

Tutorial Membagi Bandwidth dengan Benar dan Tepat Menggunakan Mikrotik


Penjelasan singkatnya adalah :

  • Divisi manager memiliki bandwidth minimal dan maksimal 2 Mbps dengan prioritas pertama. Manager selalu ingin di utamakan agar pekerjaan yang berhubungan dengan internet berjalan dengan lancar
  • Divisi admin memiliki bandwidth minimal 1 Mbps dan maksimal 2 Mbps dengan prioritas ketiga
  • Divisi accounting memiliki bandwidth minimal 1 Mbps dan maksimal 2 Mbps dengan prioritas ketiga. Prioritas admin dan accounting saya samakan karena menurut saya kedua divisi ini memiliki gambaran tugas yang kurang lebih sama
  • Divisi marketing memiliki bandwidth minimal 1 Mbps dan maksimal 2 Mbps dengan prioritas kedua. Saya memberikan prioritas kedua karena divisi marketing sering melakukan rises / penelitian yang membutuhkan kecepatan browsing dan streaming video

Pada tulisan yang berwarna merah (name, max-limit, limit-at, target, parent, dan priority)  kalian bisa ganti sesuai dengan kondisi TKP (Tempat Kejadian Pelaksanaan) hehehehe.

Kalau kalian memberikan saran atau kritik tentang tutorial membagi bandwidth dengan benar dan tepat menggunakan mikrotik silakan komentar di bawah.

Sekian dulu postingan saya tentang tutorial membagi bandwidth dengan benar dan tepat menggunakan mikrotik. Jangan lupa untuk Commnet, Like, Share and Subscribe

Terima Kasih

0 Response to "Tutorial Membagi Bandwidth dengan Benar dan Tepat Menggunakan Mikrotik"